Supplier Ikan Air Tawar : Ikan Gurame - Ikan Lele - Ikan Bawal - dll Hub. 081391525778 - 085642379193

2.06.2015

Budidaya Ikan Lele Usaha Profesional

budidaya ikan lele

Budidaya ikan air tawar jenis ikan lele merupakan budidaya ikan air tawar paling mudah untuk dilakukan, karena ikan lele bisa hidup di perairan tawar mana pun, meski jenis air sangat kotor. Selain dari sifat hidupnya yang tahan terhadap segala cuaca, ikan lele juga memiliki keunggulan pertumbuhan yang super cepat dibanding jenis ikan air tawar lainnya. Oleh karena itu, budidaya ikan lele adalah pilihan tepat untuk dilakukan jika anda masih pemula dalam hal budidaya ikan air tawar.
Ikan lele adalah jenis ikan konsumsi yang mempunyai sifat predator, jadi alangkah baiknya jika membudidayakan ikan lele agar tidak dicampur dengan jenis ikan lain. Walau pun bersifat predator, namun ikan lele tidak memiliki gigi yang timbul dan tajam.
Budidaya ikan lele sudah sangat merebak layaknya jamur dimusim hujan, hampir seluruh daerah di Indonesia. Bahkan sampai ke pelosok desa sudah terdapat dan bisa dijumpai pembudidaya ikan lele dari yang hanya iseng hingga yang sudah kelas atas. Dari yang individu hingga yang sudah memiliki kelompok secara bonafid. Memang ikan lele memiliki pasar yang paling bagus di setiap daerah wilayah Indonesia, mulai dari Aceh, Medan, Padang, Riau, Jambi, Palembang, Batam, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan lainya, sehingga pembudidaya ikan air tawar jenis lele sangat antusias - bersemangat membudidayakan ikan lele.

Gambaran budidaya ikan lele profesional secara singkat adalah sebagai berikut:
Siapkan media atau kolam (untuk menghemat anggaran memakai kolam tanah saja) budidaya ikan lele dengan luas kurang lebih 20 m2, ukuran panjang sektar 3 meter dan lebar 6 meter dengan kedalaman maksimal 150 cm, mering semakin rendah kearah buangan air. Setelah media selesai dibuat lengkap  dengan masukan air, kubangan disekitar keluaran air dan keluaran air, jemur agar tanggul benar-benar kering dan kuat, selagi menjemur tanggul, dasar kolam  ditaburi kapur dolomit kurang lebih 3,5 kg secara merata, diamkan 24 jam penuh. Penaburan kapur ini dengan tujuan membunuh jasad renik bibit penyakit yang ada di kolam dan meningkatkan kadar PH tanah, setelah didiamkan sehari semalam kemudian isi kolam dengan air sepenuhnya jangan sampai keluara air mengalir dan diamkan sehari semalam lagi. Kemudian kuras airnya sampai habis dan bersih, lalu taburi garam grasak - garam pertanian dalam kondisi kering, diamkan juga sehari semalam. Setelah itu pagi harinya gemburkan dasar kolam menggunakan cangkul kira - kira ketebalan 5 cm, taburi secara merata kotoran sapi sekarung kurang lebih 30 kg, urea 3 kg, TSP36 - 1 kg, KCL - 0,5 kg dan pohon pisang setengah busuk yang dipotong sekitar 1 meteran dan dikupas, diamkan dan jemur seharian dari pagi. Sore hari isi dengan air dan (tambahkan larutan EM-4 100 ml secara merata) dengan ketinggian air 5 cm di atas permukaan dasar kolam, diamkan minimal 18 hari dengan menjaga ketinggian permukaan air. Setelah waktu tersebut lewat, penuhi kolam dengan air dan diamkan sehari baru kemudian taburkan benih ikan lele ukuran 7 - 9 sebanyak 3000 ekor.
Hari pertama penaburan benih ikan lele tidak perlu diberi makan, setelah hari kedua lewat berikan makanan tambahan berupa pelet ukuran - 2  dengan kadar protein minimal 30% sedikit saja di depan pintu masukan air, perhatikan respon ikan lele terhadap makanan pelet yang ditaburkan untuk mengetahui kondisi kesehatan ikan, ikan yang sehat akan cepat merespon makanan walaupun sudah kenyang. Berikan makanan secara teratur 3-4 kali sehari dengan jadwal yang benar dan jumlah yang cukup saja. Seiring pertumbuhan ikan lele, pemberian makanan akan semakin bertambah karena bobot ikan yang bertambah. Demikian uraian singkat tentang langkah budidaya ikan lele bagi pemula mudah-mudahan bisa berguna.

Tips: 
  • Sebelum pelet diberikan kepada lele, sebaiknya rendam sambil diratakan dulu selama 10 menit dengan larutan sesendok teh gula  pasir, 10 ml probiotik dan air 0,5 liter untuk menghemat pakan dan membantu pencernaan makanan ikan lele.


Didukung harga yang stabil, ikan lele semakin menjadi primadona ikan air tawar, khususnya ikan lele dumbo dengan generasi lele phyton, generasi lele sangkuriang dan keturunan baru generasi 3 - G3. Produksi ikan lele selalu laris manis di pasaran, terutama ikan lele konsumsi isi 6 ekor hingga 10 ekor.
Semoga informasi ini bisa diambil manfaatnya, terutama oleh pemula budidaya ikan air tawar, jika ingin berhasil dalam budidaya ikan lele, jangan malu bertanya kepada pelaku budidaya yang sudah menjalankan usahanya untuk meminta teknik budidaya yang benar dan berhasil.
Oleh admin Supplier Ikan Air Tawar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya sangat mengharapkan komentar-komentar yang memberi semangat dari pengunjung dengan kata-kata yang sopan dan bijak. (admin)